8 Cara menjaga hubungan baik dengan rekan kerja

http://selingankerja.blogspot.co.id/2016/02/8-cara-menjaga-hubungan-baik-dengan.html

Bagi kita yang sudah berada di dunia kerja, hampir sebagaian besar waktu kita habis dikantor atau ditempat kerja.  Tentu sangat penting bagi kita untuk menjalin hubungan baik dengan semua rekan kerja  mulai dari bos yang paling tinggi sampai cleaning sevis dan lainnya.  Nah  Berikut ini saya bagikan 8 cara menjagahubungan baik dengan rekan kerja.

1.Berikan senyuman


hal yang mungkin paling mudah dan murah tetapi sangat berarti. Tak ada salahnya melemparkan senyuman dan menyapa rekan kerja Anda setiap harinya begitu sampai kantor. Bersikap sopan dapat menyenangkan hati orang lain sekaligus memberikan kesan baik bagi Anda di mata mereka.

2.Rajin berinteraksi


Lakukan interaksi dengan kolega setiap kali ada kesempatan. Cari tahu apa yang menjadi ketertarikan mereka, misalnya jenis musik yang didengarkan, buku yang mereka baca, atau film yang mereka sukai. Dengan mengetahui hal-hal tersebut bisa jadi pembuka obrolan santai Anda.

3.Jangan gampang tersinggung


Jika rekan kerja melontarkan lelucon tentang Anda, tak perlu langsung marah dan menyerangnya, cukup tertawa saja. Humor bisa membentuk hubungan dengan rekan kerja dan sesekali diperlukan untuk meredakan stres di kantor. Namun, jika lelucon tersebut terasa kelewatan, misalnya melecehkan atau merendahkan, Anda bisa meminta pihak ketiga sebagai penengah. Jika itu yang terjadi, pastikan emosi Anda tetap terkontrol.

4.Beri pujian


Sesekali berikan pujian jika rekan kerja Anda berhasil mencapai sesuatu. Akan lebih penting untuk fokus kepada pekerjaan baik yang dilakukan rekan kerja, ketimbang melihat hal-hal negatif yang dia lakukan.

5.Tunjukkan rasa hormat


Tunjukkan rasa hormat kepada rekan kerja Anda dengan mematuhi etiket di kantor atau dengan menanggapi e-mail dan pesan dari rekan kerja. Bila Anda mengabaikan pesan yang diberikan oleh rekan kerja, apalagi seputar informasi yang dibutuhkan untuk pekerjaan, dia dapat merasa diremehkan.

Jika Anda ingin dihormati oleh rekan kerja yang lain, maka bersikaplah serupa ke mereka. Selalu beri kesempatan kepada orang lain untuk mengutarakan pendapat, walaupun jika pendapat itu berseberangan dengan Anda. Kalau ternyata Anda tidak suka dengan pribadi rekan kerja, jangan campur-adukkan perasaan pribadi dengan kepentingan profesional.

6. Atasi Konflik Secara Profesional

Konflik sangat mungkin terjadi di antara kolega, tapi karena terjadi di lingkungan kantor, Anda harus bisa mengatasinya dengan sikap profesional. Jika konflik terjadi pada Anda dan seorang rekan kerja, maka atasi berdua saja tanpa mengajak orang lain ikut campur. Coba atasi dulu sendiri dan hindari terburu-buru mengadu ke atasan.

7. Hindari Topik Tak Nyaman

Saat berbicara dengan rekan kerja, hindari topik yang bisa membuatnya merasa tak nyaman. Misalnya, topik mengenai agama, kehidupan keluarga, dan lain sebagainya. Ketahui bahwa ada beberapa orang yang merasa tidak nyaman untuk menceritakan kehidupan pribadi mereka dengan rekan kerja.

8. Jangan Menyebarkan Gosip

Menyebarkan gosip atau rumor mengenai seorang kolega adalah hal yang harus Anda hindari. Jika Anda mendengar gosip dari orang lain, jangan coba-coba untuk menyebarkannya ke orang lain lagi. Informasi yang Anda dengar belum tentu benar dan kalaupun benar, bukan hak Anda untuk menyebarkannya.



EmoticonEmoticon